Hai, Sobat Dunia Kampus !!
Charles
Darwin pernah berkata bahwa manusia yang berhasil atau sukses bukanlah orang
yang paling kuat, tetapi orang yang bisa beradaptasi terhadap perubahan.
Kemajuan internet dan teknologi digital saat ini telah mengubah dunia, yang
semula beberapa orang menganggap bahwa teknik konvensional sudah dianggap
paling mutakhir, namun seiring dengan perkembangan zaman, internet dan
teknologi digital sedikit demi sedikit mulai menguasai dunia. Saat ini, akses
internet semakin cepat dan harga smartphone makin kian terjangkau, hal ini meningkatkan
jumlah konsumen online. Bahkan, menurut eMarketer, pengguna aktif smartphone di
Indonesia lebih dari 100 juta orang pada tahun 2018. Dan tentunya hal ini
bertambah setiap harinya.
Teknologi digital saat ini juga mengubah perilaku konsumen. Masyarakat saat ini, cenderung menginginkan hal-hal secara cepat dan praktis, tantangan lainnya adalah masyarakat yang selalu berubah, mulai dari selera, keinginan dan kebutuhan. Masyarakat saat ini mudah sekali merasa bosan terhadap satu hal dan mempunyai keinginan yang cukup rumit. Untuk mengatasi perubahan-perubahan yang terjadi saat ini, Digital Marketing hadir untuk membantu para pemilik usaha atau wirausahawan untuk memenangi persaingan di era digital ini. Digital marketing atau pemasaran digital adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi dan relevan.
Pada
Januari 2019, sebanyak 150 juta penduduk di Indonesia sudah menggunakan
Internet dan sekitar 80 persen penduduk mengakses sosial media menggunakan
smartphone. Ini merupakan peluang bagi pemilik usaha untuk lebih mengembangkan
usahanya, karena strategi-strategi konvensional sudah tidak efektif lagi. Oleh karena itu, beberapa pemilik usaha
sekarang ini menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi pemasarannya
mengingat banyaknya konsumen yang aktif menggunakan sosial media.
Penerapan
digital marketing juga memberikan beberapa manfaat positif saat menjalankan
usaha kita. Alasan pertama pentingnya menerapkan digital marketing adalah digital
marketing dapat memberikan arah dan tujuan yang jelas dan pasti bagi
orang-orang yang terhubung di dalamnya. Kebanyakan perusahaan yang berjalan
tanpa digital marketing, tidak memiliki tujuan strategis yang jelas. Mereka
tidak memiliki bayangan yang tepat tentang tujuan yang ingin diraih oleh
perusahaan melalui pemasaran secara online, terutama dalam kasus untuk
mendapatkan konsumen baru, meningkatkan penjualan dan mematenkan hubungan
antara produsen dengan konsumen secara lebih dalam di platform online.
Manfaat
lainnya adalah digital marketing membantu kita dalam mengenal target pelanggan
dan memberikan informasi secara rinci tentang pelanggan. Kita bisa menelusuri
apa yang sedang trending dan paling dibutuhkan oleh konsumen dengan bantuan
kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) karena, konsumen online
saat ini lebih pintar dalam memilih mana produk yang sesuai dengan mereka, dan
mana yang tidak, selain itu konsumen online juga mulai pintar memilih aplikasi
yang akan mereka pakai. Bukan tanpa sebab, banyaknya kasus penyalahgunaan data
yang menjadikan konsumen online sebagai korban sudah begitu meresahkan.
Sehingga, kepercayaan konsumen online mulai berkurang.
Selain
itu digital marketing dapat menghemat anggaran pengeluaran perusahaan dan dapat
membantu bisnis kita semakin terkenal dalam lingkup yang luas. Dengan
menerapkan digital marketing kita dapat menghemat pengeluaran karena, kita
tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk print brosur, iklan-iklan cetak,
membuat banner, dan lain sebagainya. Digital marketing juga dapat mempercepat
jangkauan pelanggan secara lebih cepat, tepat dan luas. Jika kita melihat
geografis Indonesia dari Sabang sampai Merauke, mungkin kita berpikir bahwa
mempromosikan produk atau layanan jasa kita ke seluruh Indonesia adalah hal
yang tidak mungkin dilakukan. Namun, penerapan digital marketing akan
mempermudah hal tersebut. Karena, penerapan strategi digital marketing yang
efektif dan tepat akan membantu bisnis kita semakin berkembang dan terkenal,
meskipun lingkupnya sangat luas.
Untuk
mewujudkan bisnis yang terus tumbuh dan berkembang kita memerlukan rencana
strategi supaya produk-produk kita lebih dikenal dan dapat bersaing dengan
produk lain. Ketika melakukan pemasaran produk, kita membutuhkan strategi terbaik
supaya kita bisa mengenai sasaran dengan tepat. Salah satu model
perencanaan digital marketing atau pemasaran digital adalah SOSTAC (Situation
analysis, Objectives, Strategy, Tactics, Action, Control). SOSTAC merupakan
model perencanaan pemasaran agar lebih efektif dalam penerapan pemasaran
digital perusahaan untuk pemasaran produk.
Proses pertama
yang harus kita lakukan adalah situation analysis atau menganalisa
situasi proses pemasaran yang sedang berjalan. Pada proses awal ini, perusahaan
mulai mengumpulkan informasi dan data-data tentang kondisi internal dan eksternal
perusahaan sehingga kita bisa mengetahui kondisi perusahaan kita dengan kondisi
pasar (market place). Dalam tahapan ini kita mendapat gambaran mengenai
organisasi kita, untuk mendapat hasil yang maksimal dalam proses pertama ini
terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain : Mencari tahu siapa
konsumen digital kita, mencari tahu bagaimana mereka berinteraksi dengan merk
dan platform yang digunakan, kemudian melakukan Analisa SWOT, Analisa kompetitor
dan Lanskap kanal digital.
Langkah selanjutnya
adalah menyusun objectives atau tujuan. Pada tahap ini berfokus pada
tujuan realistis yang ingin dicapai melalui strategi yang direncanakan. Penetapan
strategi menggunakan metode 5S (Sell, Serve, Speak, Save and Sizzle). Kemudian
merumuskan variabel tersebut dengan cara SMART (Specific, Measurable,
Actionable, Relevant dan Time-related). Cara ini akan mempermudah dalam tahap
evaluasi karena terdapat batasan dalam tujuannya.
Langkah ketiga
adalah Menyusun strategi (strategy). Strategi adalah cara perusahaan
mencapai suatu tujuan yang sudah direncanakan dan sudah disepakati bersama. Pada
tahap ini kita bisa menggunakan metode STOP (Segment, Target Market,
Online Value Proposition (OVP) and Positioning) dan melakukan pembentukan
strategi dengan SIT (Sequence or stage, Integration and Tools).
Langkah keempat
adalah Menyusun taktik (tactics). Tahap ini merupakan tahap penjabaran Langkah-langkah
yang akan dilakukan untuk pelaksanaan strategi yang sudah dirancang untuk mencapai
tujuan digital marketing yang sudah dibuat sebelumnya. Salah satu cara
yang dapat dilakukan pada tahap ini adalah 7P Marketing Mix (Product, Price,
Place, Promotion, People, Process and Partnerships).
Langkah kelima
adalah melaksanakan aksi (action). Pada tahap ini kita mulai menjalankan
taktik yang telah direncanakan sebelumnya dalam aksi nyata di lapangan (market
place). Pada saat pelaksanaannya kita dapat membuat rangkaian proses kerja
yang terjadwal seperti flow chart, gantt chart, table activity based time
dan mempersiapkan manajemen resiko yang mungkin terjadi di lapangan dan
menentukan siapa, kapan dan bagaimana pertanggung jawaban pada setiap business
process, perencanaan budget, penentuan sumber daya secara detail, sehingga
dapat meminimalisir hal-hal tak terduga yang dapat menghambat kita mencapai
tujuan yang diinginkan perusahaan.
Langkah terakhir
adalah melakukan kontrol (control). Pada tahap ini, merupakan tahap
pemeriksaan, pengamatan atau tahap evaluasi yang dilakukan secara berkala. Pada
tahap ini kita akan mengetahui apakah aksi yang sedang berlangsung sesuai
dengan tujuan awal perusahaan dan kita juga akan mengetahui apakah aksi
tersebut berhasil atau belum maksimal dilakukan.
DAFTAR PUSTAKA
El samara. 2020. SOSTAC Sebagai Strategi Digital Marketing di https://elsamara.id/sostac-sebagai-strategi-digital-marketing/ Diakses pada 04 April 2020 pukul 20:55.
Para Kontributor Wikipedia. “Pemasaran Digital”. Wikipedia. Ensiklopedia Bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran_digital Diakses pada 04 April 2021 pukul 20:10.
Purwana, Dedi “Digital Marketing – Part#1” Youtube, diunggah oleh Dedi Purwana Channel, 29 Maret 2021, https://www.youtube.com/watch?v=n9yB-KGt_2k Diakses pada 04 April 2021 pukul 17:20.
Studiilmu Editor. 10 Alasan Mengapa Digital Marketing Sangat Penting di https://www.studilmu.com/blogs/details/10-alasan-mengapa-digital-marketing-sangat-penting Diakses pada 04 April 2021 pukul 20:48.
sangat menarik!
BalasHapusHalo, sobat TESORI! Terima kasih sudah singgah dan memberikan komentar. Datang lagi untuk membaca artikel baru lainnya yaa.
Hapusartikernya sangat informatif!
BalasHapusHalo, sobat TESORI! Terima kasih sudah singgah dan memberikan komentar. Datang lagi untuk membaca artikel baru lainnya yaa.
HapusBagus nih artikelnyaa
BalasHapusHalo, sobat TESORI! Terima kasih sudah singgah dan memberikan komentar. Datang lagi untuk membaca artikel baru lainnya yaa.
HapusInformasinya sangat bermanfaat dan menarik
BalasHapusmantapp, sangat informatif
BalasHapuskeren! sangat informatif!!
BalasHapusKeren sangat informatif
BalasHapusKeren banget nih, informatif dan menarik jugaa
BalasHapusMantap infonya bermanfaat, lulus nanti bisa coba jual hasil ternak lele online
BalasHapuskeren sekali kak, terimakasih informasinya
BalasHapus