Minggu, 04 April 2021

Digital Marketing Sebagai Penyelamat Wirausahawan

 Hai, Sobat Dunia Kampus !!

Charles Darwin pernah berkata bahwa manusia yang berhasil atau sukses bukanlah orang yang paling kuat, tetapi orang yang bisa beradaptasi terhadap perubahan. Kemajuan internet dan teknologi digital saat ini telah mengubah dunia, yang semula beberapa orang menganggap bahwa teknik konvensional sudah dianggap paling mutakhir, namun seiring dengan perkembangan zaman, internet dan teknologi digital sedikit demi sedikit mulai menguasai dunia. Saat ini, akses internet semakin cepat dan harga smartphone makin kian terjangkau, hal ini meningkatkan jumlah konsumen online. Bahkan, menurut eMarketer, pengguna aktif smartphone di Indonesia lebih dari 100 juta orang pada tahun 2018. Dan tentunya hal ini bertambah setiap harinya. 

Teknologi digital saat ini juga mengubah perilaku konsumen. Masyarakat saat ini, cenderung menginginkan hal-hal secara cepat dan praktis, tantangan lainnya adalah masyarakat yang selalu berubah, mulai dari selera, keinginan dan kebutuhan. Masyarakat saat ini mudah sekali merasa bosan terhadap satu hal dan mempunyai keinginan yang cukup rumit. Untuk mengatasi perubahan-perubahan yang terjadi saat ini, Digital Marketing hadir untuk membantu para pemilik usaha atau wirausahawan untuk memenangi persaingan di era digital ini. Digital marketing atau pemasaran digital adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi dan relevan.

(Sumber : freepik.com)

Pada Januari 2019, sebanyak 150 juta penduduk di Indonesia sudah menggunakan Internet dan sekitar 80 persen penduduk mengakses sosial media menggunakan smartphone. Ini merupakan peluang bagi pemilik usaha untuk lebih mengembangkan usahanya, karena strategi-strategi konvensional sudah tidak efektif lagi.  Oleh karena itu, beberapa pemilik usaha sekarang ini menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi pemasarannya mengingat banyaknya konsumen yang aktif menggunakan sosial media.

Penerapan digital marketing juga memberikan beberapa manfaat positif saat menjalankan usaha kita. Alasan pertama pentingnya menerapkan digital marketing adalah digital marketing dapat memberikan arah dan tujuan yang jelas dan pasti bagi orang-orang yang terhubung di dalamnya. Kebanyakan perusahaan yang berjalan tanpa digital marketing, tidak memiliki tujuan strategis yang jelas. Mereka tidak memiliki bayangan yang tepat tentang tujuan yang ingin diraih oleh perusahaan melalui pemasaran secara online, terutama dalam kasus untuk mendapatkan konsumen baru, meningkatkan penjualan dan mematenkan hubungan antara produsen dengan konsumen secara lebih dalam di platform online.

Manfaat lainnya adalah digital marketing membantu kita dalam mengenal target pelanggan dan memberikan informasi secara rinci tentang pelanggan. Kita bisa menelusuri apa yang sedang trending dan paling dibutuhkan oleh konsumen dengan bantuan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) karena, konsumen online saat ini lebih pintar dalam memilih mana produk yang sesuai dengan mereka, dan mana yang tidak, selain itu konsumen online juga mulai pintar memilih aplikasi yang akan mereka pakai. Bukan tanpa sebab, banyaknya kasus penyalahgunaan data yang menjadikan konsumen online sebagai korban sudah begitu meresahkan. Sehingga, kepercayaan konsumen online mulai berkurang.

Selain itu digital marketing dapat menghemat anggaran pengeluaran perusahaan dan dapat membantu bisnis kita semakin terkenal dalam lingkup yang luas. Dengan menerapkan digital marketing kita dapat menghemat pengeluaran karena, kita tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk print brosur, iklan-iklan cetak, membuat banner, dan lain sebagainya. Digital marketing juga dapat mempercepat jangkauan pelanggan secara lebih cepat, tepat dan luas. Jika kita melihat geografis Indonesia dari Sabang sampai Merauke, mungkin kita berpikir bahwa mempromosikan produk atau layanan jasa kita ke seluruh Indonesia adalah hal yang tidak mungkin dilakukan. Namun, penerapan digital marketing akan mempermudah hal tersebut. Karena, penerapan strategi digital marketing yang efektif dan tepat akan membantu bisnis kita semakin berkembang dan terkenal, meskipun lingkupnya sangat luas. 

Untuk mewujudkan bisnis yang terus tumbuh dan berkembang kita memerlukan rencana strategi supaya produk-produk kita lebih dikenal dan dapat bersaing dengan produk lain. Ketika melakukan pemasaran produk, kita membutuhkan strategi terbaik supaya kita bisa mengenai sasaran dengan tepat. Salah satu model perencanaan digital marketing atau pemasaran digital adalah SOSTAC (Situation analysis, Objectives, Strategy, Tactics, Action, Control). SOSTAC merupakan model perencanaan pemasaran agar lebih efektif dalam penerapan pemasaran digital perusahaan untuk pemasaran produk.

Proses pertama yang harus kita lakukan adalah situation analysis atau menganalisa situasi proses pemasaran yang sedang berjalan. Pada proses awal ini, perusahaan mulai mengumpulkan informasi dan data-data tentang kondisi internal dan eksternal perusahaan sehingga kita bisa mengetahui kondisi perusahaan kita dengan kondisi pasar (market place). Dalam tahapan ini kita mendapat gambaran mengenai organisasi kita, untuk mendapat hasil yang maksimal dalam proses pertama ini terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain : Mencari tahu siapa konsumen digital kita, mencari tahu bagaimana mereka berinteraksi dengan merk dan platform yang digunakan, kemudian melakukan Analisa SWOT, Analisa kompetitor dan Lanskap kanal digital.

Langkah selanjutnya adalah menyusun objectives atau tujuan. Pada tahap ini berfokus pada tujuan realistis yang ingin dicapai melalui strategi yang direncanakan. Penetapan strategi menggunakan metode 5S (Sell, Serve, Speak, Save and Sizzle). Kemudian merumuskan variabel tersebut dengan cara SMART (Specific, Measurable, Actionable, Relevant dan Time-related). Cara ini akan mempermudah dalam tahap evaluasi karena terdapat batasan dalam tujuannya.

Langkah ketiga adalah Menyusun strategi (strategy). Strategi adalah cara perusahaan mencapai suatu tujuan yang sudah direncanakan dan sudah disepakati bersama. Pada tahap ini kita bisa menggunakan metode STOP (Segment, Target Market, Online Value Proposition (OVP) and Positioning) dan melakukan pembentukan strategi dengan SIT (Sequence or stage, Integration and Tools).

Langkah keempat adalah Menyusun taktik (tactics). Tahap ini merupakan tahap penjabaran Langkah-langkah yang akan dilakukan untuk pelaksanaan strategi yang sudah dirancang untuk mencapai tujuan digital marketing yang sudah dibuat sebelumnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan pada tahap ini adalah 7P Marketing Mix (Product, Price, Place, Promotion, People, Process and Partnerships).

Langkah kelima adalah melaksanakan aksi (action). Pada tahap ini kita mulai menjalankan taktik yang telah direncanakan sebelumnya dalam aksi nyata di lapangan (market place). Pada saat pelaksanaannya kita dapat membuat rangkaian proses kerja yang terjadwal seperti flow chart, gantt chart, table activity based time dan mempersiapkan manajemen resiko yang mungkin terjadi di lapangan dan menentukan siapa, kapan dan bagaimana pertanggung jawaban pada setiap business process, perencanaan budget, penentuan sumber daya secara detail, sehingga dapat meminimalisir hal-hal tak terduga yang dapat menghambat kita mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan.

Langkah terakhir adalah melakukan kontrol (control). Pada tahap ini, merupakan tahap pemeriksaan, pengamatan atau tahap evaluasi yang dilakukan secara berkala. Pada tahap ini kita akan mengetahui apakah aksi yang sedang berlangsung sesuai dengan tujuan awal perusahaan dan kita juga akan mengetahui apakah aksi tersebut berhasil atau belum maksimal dilakukan.


DAFTAR PUSTAKA

 

El samara. 2020. SOSTAC Sebagai Strategi Digital Marketing di https://elsamara.id/sostac-sebagai-strategi-digital-marketing/ Diakses pada 04 April 2020 pukul 20:55.

Para Kontributor Wikipedia. “Pemasaran Digital”. Wikipedia. Ensiklopedia Bebashttps://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran_digital Diakses pada 04 April 2021 pukul 20:10.

Purwana, Dedi “Digital Marketing – Part#1” Youtube, diunggah oleh Dedi Purwana Channel, 29 Maret 2021, https://www.youtube.com/watch?v=n9yB-KGt_2k Diakses pada 04 April 2021 pukul 17:20.

Studiilmu Editor. 10 Alasan Mengapa Digital Marketing Sangat Penting di https://www.studilmu.com/blogs/details/10-alasan-mengapa-digital-marketing-sangat-penting Diakses pada 04 April 2021 pukul 20:48.

 


13 komentar:

  1. Balasan
    1. Halo, sobat TESORI! Terima kasih sudah singgah dan memberikan komentar. Datang lagi untuk membaca artikel baru lainnya yaa.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Halo, sobat TESORI! Terima kasih sudah singgah dan memberikan komentar. Datang lagi untuk membaca artikel baru lainnya yaa.

      Hapus
  3. Bagus nih artikelnyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, sobat TESORI! Terima kasih sudah singgah dan memberikan komentar. Datang lagi untuk membaca artikel baru lainnya yaa.

      Hapus
  4. Informasinya sangat bermanfaat dan menarik

    BalasHapus
  5. Febe Dwi Sutanti4 April 2021 pukul 21.39

    mantapp, sangat informatif

    BalasHapus
  6. Keren banget nih, informatif dan menarik jugaa

    BalasHapus
  7. Mantap infonya bermanfaat, lulus nanti bisa coba jual hasil ternak lele online

    BalasHapus
  8. keren sekali kak, terimakasih informasinya

    BalasHapus

Menjumpai Masa Depanmu Melalui Tontonan

Hai,  Sobat Dunia Kampus  !! Sobat TESORI sudahkah kamu mengetahui profesi yang kamu inginkan di masa depan nanti? Eunoiapedia kali ini akan...