Senin, 31 Mei 2021

Menjumpai Masa Depanmu Melalui Tontonan

Hai, Sobat Dunia Kampus !!

Sobat TESORI sudahkah kamu mengetahui profesi yang kamu inginkan di masa depan nanti? Eunoiapedia kali ini akan membahas beberapa bidang profesi yang sering muncul dalam serial drama korea. Drama Korea banyak mengangkat cerita tentang keseharian individu yang nyata dan relatable dengan kehidupan para penontonnya. Tentunya dalam kehidupan sehari-hari tersebut sering terdapat penggambaran profesi yang ada di dunia ini. Penyajian cerita tentang profesi dalam drama korea membuat para penggemar dapat mengetahui lebih banyak mengenai profesi dan sebagian penonton menjadikan penayangan drama tersebut sebagai inspirasi untuk masa depan mereka.

1.  Dokter

(Sumber : TvN)

Dunia kesehatan sering diangkat dalam serial drama korea. Membahas kisah dari sudut pandang medis ternyata punya keunikan tersendiri, karena dalam penyajiannya menggunakan bahasa yang sederhana tetapi berkualitas, sehingga mampu memberi wawasan dan gambaran dunia kesehatan kepada orang awam. Beberapa contoh serial yang mengangkat bidang kedokteran sebagai latar belakang cerita, antara lain: Dr. Romantic 2 (2020), Hospital Playlist (2020), Doctor John (2019), Descendent of The Sun (2016),  dan Doctor Stranger (2014).

2.  Jaksa dan Pengacara

(Sumber : idntimes.com)

Latar belakang cerita seputar bidang hukum juga sering mencuri perhatian banyak penonton. Dalam penayangan, biasanya akan memperlihatkan perbedaan antara kedua profesi tersebut yang disampaikan secara informatif dan edukatif. Contohnya adalah drama While You Were Sleeping dan Suspicious Partner.

3.  Polisi dan Detektif

(Sumber : TvN)

Selain jaksa dan pengacara, profesi polisi dan detektif juga sering diangkat sebagai latar belakang cerita dalam bidang hukum. Dalam penayangannya akan diperlihatkan sebuah kasus yang sering membuat para penonton  menguras otak untuk memecahkan misteri. Contohnya adalah Signal dan When the Camellia Blooms.

4.   Atlet

(Sumber : mykoreandrama.com)

Dalam drama diperlihatkan para tokoh masing-masing bersaing untuk mengharumkan bidang olahraganya bahkan hingga kompetisi tingkat Nasional. Beragam cerita seputar kehidupan dan kesulitan di dari berbagai jurusan olahraga diperlihatkan. Contohnya adalah Run On dan Weightlifting Fairy Kim Bok Joo.


Sumber referensi :

Jika ada yang ingin memberi saran atau kritik tentang artikel ini, dipersilahkan berkomentar atau berpendapat dengan menggunakan bahasa yang sopan, Terima kasih.

TREASURE Sudah Hampir Setahun Meramaikan Dunia K-Pop

Hai, Sobat Dunia Kampus !!

Kali ini kita akan membahas tentang boygroup asal Korea Selatan TREASURE. Industri musik di Korea Selatan selalu diwarnai dengan hadirnya grup-grup pendatang baru yang siap mencuri hati para penggemar K-Pop setiap tahunnya. Pada tahun 2020 kemarin, Tepat pada tanggal 7 Agustus YG Entertainment resmi mendebutkan boygroup terbarunya TREASURE dengan merilis MV BOY dan Mereka juga merilis single album pertamanya berjudul The First Step: Chapter One. Tidak seperti grup lain, para member TREASURE terpilih dari ajang survival show yang bernama YG Treasure Box. Acara ini tayang pada tahun 2018 silam dan diikuti sebanyak 29 orang trainee. Pada akhir episode, hanya ada 13 trainee yang berhasil lolos di babak final dan memiliki kesempatan untuk debut di bawah naungan YG Entertainment. 

(Sumber : teenvogue.com)

Sebelum resmi menggunakan nama TREASURE, boy group yang memiliki konsep teen crush ini direncanakan akan menggunakan nama TREASURE 13. Nantinya grup ini akan terbagi dalam dua sub – unit grup yaitu MAGNUM dan TREASURE. Tetapi salah satu personilnya yaitu Ha Yoon Bin memutuskan untuk keluar sebelum YG Entertainment meresmikan debut mereka. Akhirnya grup ini memilih untuk menggunakan nama TREASURE serta debut dengan 12 member.

(Sumber : instagram.com/yg_treasure-official)

Choi Hyunsuk yang memiliki nama Inggris Daniel Choi ini adalah leader dari TREASURE. Dia lahir pada tanggal 21 April 1999 di Distrik Gangnam, Seoul, Korea Selatan. Hyunsuk dikenal sebagai All Rounder dalam grupnya,  dia merupakan seorang rapper sekaligus dancer di TREASURE. HyunSuk sebelumnya sudah menjadi trainee sejak tahun 2015 di YG Entertainment, alasan dia memilih YG Entertainment  karena menurutnya YG adalah tempat yang tepat untuk mewujudkan mimpinya. Dia sangat pandai membuat lagu dan sekarang ini dia dipercayakan menjadi salah satu produser untuk grupnya. Saat masih berada dalam program YG Treasure Box, pemuda yang memiiki hobi bermain sepak bola ini pernah mendapat gelar trainee paling fashionable pilihan dari semua trainee lainnya.

(Sumber : instagram.com/yg_treasure-official)

Selain Hyunsuk, Park Jihoon yang memiliki nama Inggris Jun ini juga dipercayakan menjadi leader dari TREASURE. Pemuda berzodiak pisces ini lahir pada tanggal 14 Maret 2000 di Busan, Korea Selatan. Dia memulai masa trainingnya di YG Entertainment sejak tahun 2016. Jihoon memiliki perjalanan karier yang penuh perjuangan, karena kemampuannya sempat diragukan. Sebelum mengikuti program YG Treasure Box, JiHoon sebenarnya sudah keluar dari YG Entertainment, namun YG Entertainment memberikan kesempatan kedua untuknya dan kembali memanggil Ji Hoon untuk berpartisipasi. Jihoon memiliki keterampilan berbahasa Jepang dan hal ini sudah diakui oleh member TREASURE yang berasal dari Jepang. Tidak hanya menjadi leader, Jihoon dipercayakan mengisi posisi sebagai dancer dan vokalis di TREASURE. Dia merupakan anggota yang selalu memeriahkan suasana dalam grupnya, saat ini Jihoon memiliki kesibukan lain sebagai MC baru di acara musik SBS Inkigayo.

(Sumber : instagram.com/yg_treasure-official)

Kanemoto Yoshinori yang memiliki nama Inggris Jayden ini merupakan salah satu anggota TREASURE yang berasal dari Jepang. Dia memilih nama Yoshi sebagai nama panggungnya saat debut bersama TREASURE. Yoshi lahir pada tanggal 5 Mei 2000 di Kobe, Prefektur Hyogo, Jepang. Yoshi dipercayakan mengisi posisi rapper sekaligus dancer dalam grupnya, dia juga pandai melakukan beat box dan menulis lagu. Sama seperti hyunsuk dia juga dipercayakan menjadi salah satu produser dalam grup. Yoshi pernah berpartisipasi dalam pembuatan lirik lagu soundtrack anime Black Clover yang berjudul Beautiful. Saat masih berada dalam acara YG Treasure Box, Yoshi termasuk trainee yang tidak terlalu menonjol. Yoshi tidak lolos menuju babak final, namun YG Entertainment memutuskan untuk memberikan kesempatan kedua kepada trainee yang dinilai memiliki potensi walaupun tidak lolos pada babak final. Seperti Jihoon, Yoshi mendapatkan kesempatan kedua untuk terus berkarya di YG Entertainment dan menjadi member pertama yang tidak masuk ke babak final yang terpilih sebagai tim line up debut YG Treasure Box.

(Sumber : instagram.com/yg_treasure-official)

Kim Junkyu merupakan anggota pertama yang diumumkan akan debut dalam TREASURE, pada episode terakhir program YG Treasure Box. Pemuda yang lahir pada tanggal 9 September 2000, di Chungju, Chungcheongbuk-do, Korea Selatan ini memiliki nama Inggris David.  Dalam grup dia dipercayakan sebagai vokalis dan juga visual dari TREASURE. Sebelum menjadi trainee di YG Entertainment, Junkyu dikenal sebagai seorang model cilik yang telah membintangi banyak iklan dan pemotretan di Korea Selatan, karena wajah tampannya, Junkyu dijuluki sebagai Handsome Koala. Junkyu telah menjadi trainee di YG Entertainment selama 5 tahun. Diawal mengikuti program YG Treasure Box, Junkyu sempat kehilangan rasa percaya dirinya, tetapi seiring berjalannya waktu dia terus berkembang dan diakhir dia mampu membuktikan keterampilannya dalam bernyanyi dan berhasil mendapatkan voting tertinggi untuk posisi vokal dalam episode final.

(Sumber : instagram.com/yg_treasure-official)

Takata Mashiho yang memiliki nama Inggris Mama ini merupakan member kedua yang berasal dari Jepang. Mashiho lahir pada tanggal 25 Maret 2001 di Prefektur Mie, Jepang. Posisi Mashiho di dalam grup adalah sebagai vokalis dan dancer. Mashiho menjalankan masa trainee selama 5 tahun. Ingin membantu orang lain untuk bersenang-senang menjadi alasannya ingin menjadi penyanyi. Sebelum debut, Mashiho pernanh tampil dalam film pendek AKMU, teman satu agensi di YG Enertainment. Mashiho memiliki hobi bermain drum dan golf.

(Sumber : instagram.com/yg_treasure-official)

Yoon Jaehyuk merupakan member yang lahir pada tanggal 23 Juli 2001 di Yongin, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan. Jaehyuk memiliki nama Inggris Kevin. Sebelum memutuskan menjadi trainee di YG Entertainment dan mengikuti program YG Treasure Box, Jaehyuk mengaku sempat mendapat tawaran audisi dari SM, JYP, Pledis, CUBE, Woolim, dan Yuehua Entertainment. Menariknya dia juga ditawari casting menjadi trainee oleh tim YG Entertainment tepat saat baru pulang sekolah. Dia menjadi trainee di YG Entertainmet selama 6 bulan. Posisinya di dalam grup adalah sebagai rapper dan vokalis. Ingin tampil diatas panggung disaksikan banyak orang dan menunjukkan bakat bernyanyi serta menarinya, menjadi alasan jaehyuk menjadi penyanyi.

(Sumber : instagram.com/yg_treasure-official)

Hamada Asahi yang memiliki nama Inggirs Arthur ini lahir pada tanggal 20 Agustus 2001 merupakan anggota ketiga yang berasal dari Jepang. Asahi memiliki keterampilan dalam membuat lagu, hal ini dibuktikan dengan perilisan lagu Orange bersama dengan produser YG Entertainment. Selain itu dalam penulisan lirik dia dibantu Haruto dan bagian rap diciptakan bersama dengan Hyunsuk dan Yoshi. Selain pandai membuat lagu, asahi juga memiliki hobi melukis seperti Yoshi. Asahi sangat menyukai gaya berpakaian bertema vintage. Dalam grup dia bertugas sebagai vokalis dan juga visual TREASURE. Sama seperti Yoshi, Asahi menjadi member kedua yang tidak masuk ke babak final dan terpilih sebagai tim debut.

(Sumber : instagram.com/yg_treasure-official)

Bang Yedam merupakan member kedua yang diumumkan debut sebagai TREASURE. Dia lahir pada tanggal 7 Mei 2002 di Seoul, Korea Selatan dan memiliki nama Inggris Kyle. Dia sudah menjadi trainee di YG Entertainment selama 6 tahun. Yedam juga merupakan seorang composer hebat dia bahkan mendapatkan pujian untuk beberapa lagu dari seniornya Sechkies. Karena kemampuan luar biasanya, Yedam dijuluki sebagai “God Yedam” oleh semua member TREASURE. Sebelum debut, tepatnya pada 5 Juni 2020, Bang Yedam merilis lagu solonya yang berjudul “Wayo”. Lagu itu dirilis sebagai hadiah YG Entertainment kepada trainee terlama mereka.

(Sumber : instagram.com/yg_treasure-official)

Kim Doyoung merupakan member yang lahir pada tanggal 4 Desember 2003 di Seoul, Korea Selatan. Memiliki nama Inggris Sam. Dia dikenal sebagai dancing machine TREASURE dan juga vokalis dalam grup. Doyoung mengikuti masa training di YG Entertainment sejak tahun 2015 saat masih berusia 11 tahun. Sebelum mengikuti program YG Treasure Box, Doyoung bersama Hyunsuk dan Yedam pernah tampil dalam program Stray Kids episode battle antara trainee YG dan JYP Entertainment. Seperti hyunsuk, doyoung juga dikenal sebagai fashionista. Doyoung memiliki hobi bermain basket, skaboarding dan juga berenang. Doyoung merupakan salah satu member yang aktif memberikan konten project dance sebelum dan sesudah debut bersama TREASURE.

(Sumber : instagram.com/yg_treasure-official)

Watanabe Haruto merupakan member terakhir yang berasal dari Jepang. Dia lahir pada tanggal 5 April 2004 di Fukuoka, Prefektur Fukuoka, Jepang. Haruto memiliki nama Inggris Travis. Dia dikenal sebagai main visual TREASURE bersama Junkyu dan Asahi. Haruto bertugas sebagai rapper di grup. Ibunya merupakan fans berat Big Bang, salah satu boygrup legenda Korea Selatan yang berada dibawah naungan YG Entertainment. Haruto juga sempat mengaku bawah alasannya masuk ke YG Entertainment adalah karena Big Bang. Haruto juga memiliki keterampilan dalam membuat lagu, baru-baru ini dia ikut berkontribusi membuat intro lagu program Treasure Map (T-Map), bersama dengan Hyunsuk, Junkyu dan Yoshi.

(Sumber : instagram.com/yg_treasure-official)

Park Jeong-woo yang memiliki nama Inggris Justin ini lahir pada tanggal 28 September 2004 di Iksan, Korea Selatan. Dia merupakan salah satu vokalis utama TREASURE, suara merdu dan powerful yang dimilikinya menjadi salah satu daya tariknya. Pemuda berzodiak libra ini dikenal sebagai member yang gigih, Jeongwoo tidak pernah melewatkan sekalipun latihan grup meskipun disibukan dengan kegiatan sekolahnya. Di sekolah Jeongwoo dikenal sebagai sosok yang ramah kepada teman-teman dan juga penggemarnya.

(Sumber : instagram.com/yg_treasure-official)

So Junghwan merupakan member yang berasal dari Iksan seperti Jeongwoo. Dia lahir pada tanggal 18 Februari 2005 yang memiliki nama Inggris John. Junghwan merupakan anggota termuda dalam TREASURE. Saat ini dia sedang menempuh pendidikan yang sama seperti Jeongwoo di Sekolah Menengah Atas School of Performing Arts Seoul (SOPA). Junghwan menjalankan masa trainingnya selama 9 bulan. Sama seperti Junkyu, sebelum memulai debutnya Junghwan pernah muncul sebagai model cilik yang pernah membintangi beberapa iklan. Dalam grup Junghwan bertugas sebagai dancer dan vokalis, Junghwan pernah beberapa kali muncul dalam project dance bersama Doyoung.

Nah itulah fakta singkat dari masing-masing anggota TREASURE. Sudah kurang lebih 11 bulan TREASURE berkarya di dunia permusikan Korea Selatan. Mereka sudah merilis full album perdana mereka, 'THE FIRST STEP: TREASURE EFFECT' pada 11 Januari 2021 lalu.  Sebelumnya mereka memulai debutnya lewat album 'THE FIRST STEP: CHAPTER ONE' dan single berjudul BOY, pada 7 Agustus 2020. Kemudian pada 18 September 2020, TREASURE merilis album single 'THE FIRST STEP: CHAPTER TWO' dengan lagu yang berjudul I LOVE YOU. Comeback terakhir TREASURE adalah album single ketiga 'THE FIRST STEP: CHAPTER THREE' serta lagu MMM yang dirilis pada 6 November 2020.


Sumber referensi :

Jika ada yang ingin memberi saran atau kritik tentang artikel ini, dipersilahkan berkomentar atau berpendapat dengan menggunakan bahasa yang sopan, Terima kasih.


Menulis Sebagai Kegiatan Untuk Mengisi Waktu Luang

Hai, Sobat Dunia Kampus !!

Selama masa pandemi covid-19 kita semua mengalami keterbatasan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, karena kita dituntut untuk mengerjakan segala sesuatu dari rumah untuk mengurangi penyebaran virus covid-19. Sebagai mahasiswa, perkuliahan daring menjadi solusi untuk menghadapi masalah ini, karena dengan diterapkannya sistem pembelajaran daring mahasiswa dapat memiliki fleksibilitas waktu yang tinggi, termasuk waktu luang untuk dimanfaatkan sebagai pengembangan diri.

Tetapi terkadang peluang untuk melakukan pengembangan diri, malah membuat kita jadi bermalas-malasan dan tidak produktif. Beberapa mahasiswa lebih cenderung memikirkan akademik saja dan memakai waktu luangnya untuk beristirahat atau menikmati penampilan dari idola yang disukai seperti mendengar musik atau menonton drama untuk memanjakan diri sendiri selepas penat belajar. Oleh karena itu, Eunoiapedia kali ini akan memberikan ulasan tentang publik figur dari korea selatan yang mungkin akan memotivasi kamu untuk produktif dalam menghabiskan waktu luang.

Sudah bukan rahasia lagi jika seorang publik figur dari korea selatan terbiasa menekuni beberapa bidang profesi sekaligus. Dari sekian banyak bidang profesi, ternyata banyak juga yang sering menyibukkan diri sebagai penulis. Bahkan, beberapa hasil karya mereka ternyata menjadi best seller dan mendapat pujian dari masyarakat.

1. Goo Hye-Sun

(Sumber : gramedia.com)

Merupakan aktris yang terkenal karena memerankan Geum Jan Di dalam drama Boys Over Flowers pada tahun 2009. Goo Hye-sun juga terkenal sebagai penulis buku, diketahui bahwa ada sekitar 7 buku yang sudah dia terbitkan. Karya terbarunya diterbitkan pada tahun 2019 yang berjudul Heart Shaped Tears mendapat peringkat best seller di Korea. Novel ini menceritakan tentang kisah cinta seorang bernama Soju dengan lelaki bernama Sang Sik. Banyak yang menyebut bahwa novel ini ditulis berdasarkan pengalaman cinta dari Goo Hye-Sun sendiri.

 

2. Jang Hyuk

(Sumber : bntnews.co.uk)

Selanjutnya adalah aktor yang terkenal karena mendapat peran utama dalam film Volcano High pada tahun 2001. Pada tahun 2013, Jang Hyuk menerbitkan buku yang berjudul Jang Hyuk, Hot-Blooded Man. Buku tersebut merupakan sekumpulan esai tentang kehidupan pribadinya. Dia menulis tentang kesehariannya sebagai remaja, pengalamannya sebagai aktor selama 16 tahun dan cerita tentang seorang anak yang dulu bercita-cita sebagai guru olahraga menjadi salah satu aktor yang paling disukai di Korea.

 

3. Jeon So Min

(Sumber : instagram.com/jsomin86)

Merupakan salah satu aktris yang juga pernah menerbitkan buku karyanya. Jeon So Min mendapat penghargaan sebagai Aktris Baru Terbaik dalam ajang MBC Drama Awards pada tahun 2013 dan dia juga sering menghibur para penggemarnya dengan menghadiri banyak variety show di Korea seperti Running Man dan Sixth Sense. Awal tahun 2020 lalu, Jeon So Min menerbitkan buku yang berjudul You Can Call Me After a Drink. Buku ini berisi tentang segala pemikiran dan kegelisahannya mengenai cinta, kesepian dan kehidupan.

 

4. Lee Hong Ki

(Sumber : id.pinterest.com)

Merupakan vokalis utama dari band FT Island yang juga merupakan aktor dan pembawa acara dari Korea Selatan. Lee Hong Ki merilis buku yang berjudul Lee Honggi Nail Book pada tahun 2013. Berawal dari ketertarikan terhadap nail art akhirnya dia menerbitkan buku setebal 114 halaman yang berisi kumpulan foto, tips-tips serta artikel terkait seni menghias kuku. FNC Entertaiment selaku pihak agensi hongki juga menambahkan bahwa artisnya memandang nail art secara filosofis dan dia juga menggambarkan hubungan antara dirinya dengan fans melalui nail art.

 

5. Kim Heechul

(Sumber : onehallyu.com)

kim Heechul atau yang lebih akrab disapa dengan nama Heenim ini merupakan salah satu anggota dari boygrup legenda Korea Selatan Super Junior. Dia dikenal sebagai personel yang multitalenta. Pada tahun 2017 di tengah kesibukannya sebagai idol dan actor, dia menerbitkan sebuah buku yang berjudul My Ramen-Ful Life. Buku ini berisi kumpulan dokumentasi dirinya ketika menyantap ramen sambil menikmati pemandangan kota di Jepang.

 

6. Kim Hyoyeon

(Sumber : wowkeren.com)

Merupakan teman satu agensi heechul Super Junior. Dia juga salah satu anggota dari girlgrup legenda Korea Selatan Girls Generation. Meskipun memiliki banyak kesibukan, Hyoyeon masih menyempatkan diri untuk mengembangkan bakatnya dalam bidang penulisan. Melalui buku yang berjudul Hyo Style, dia ingin menginspirasi banyak orang untuk lebih percaya diri dan berani bereksperimen dalam menemukan warna gaya masing-masing individu.

 

7. Jessica Jung

(Sumber : wowkeren.com)

Adalah seorang aktris dan penyanyi dari Korea Selatan yang lahir di Amerika Serikat. Dia adalah mantan personel dari girlgrup Girls Generation. Pada September 2020, Jessica merilis novel debutnya yang berjudul Shine. Novel ini bercerita tentang pengalaman Jessica sebagai publik figur di Korea Selatan.

 

Nah, itulah beberapa publik figur dari Korea Selatan yang pernah menerbitkan buku karangannya sendiri. Sebagian besar dari mereka menjadikan menulis sebagai salah satu cara untuk menuangkan pengalaman pribadi atau inspirasi baru kepada orang lain. Walaupun memiliki kesibukan yang padat, mereka tetap bisa meluangkan waktu untuk mengembangkan diri. Oleh sebab itu, marilah kita meluangkan waktu untuk hal-hal yang lebih positif seperti rajin membuat tulisan karangan sendiri. Karena dengan kita rajin menulis dapat membuat kita mempunyai pola pikir yang lebih sistematis, dapat menambah ilmu pengetahuan, dapat menyehatkan jasmani dan rohani, serta membuat kita terhindar dari aktivitas yang tidak berfaedah.


Sumber referensi :

Jika ada yang ingin memberi saran atau kritik tentang artikel ini, dipersilahkan berkomentar atau berpendapat dengan menggunakan bahasa yang sopan, Terima kasih.

Minggu, 04 April 2021

Digital Marketing Sebagai Penyelamat Wirausahawan

 Hai, Sobat Dunia Kampus !!

Charles Darwin pernah berkata bahwa manusia yang berhasil atau sukses bukanlah orang yang paling kuat, tetapi orang yang bisa beradaptasi terhadap perubahan. Kemajuan internet dan teknologi digital saat ini telah mengubah dunia, yang semula beberapa orang menganggap bahwa teknik konvensional sudah dianggap paling mutakhir, namun seiring dengan perkembangan zaman, internet dan teknologi digital sedikit demi sedikit mulai menguasai dunia. Saat ini, akses internet semakin cepat dan harga smartphone makin kian terjangkau, hal ini meningkatkan jumlah konsumen online. Bahkan, menurut eMarketer, pengguna aktif smartphone di Indonesia lebih dari 100 juta orang pada tahun 2018. Dan tentunya hal ini bertambah setiap harinya. 

Teknologi digital saat ini juga mengubah perilaku konsumen. Masyarakat saat ini, cenderung menginginkan hal-hal secara cepat dan praktis, tantangan lainnya adalah masyarakat yang selalu berubah, mulai dari selera, keinginan dan kebutuhan. Masyarakat saat ini mudah sekali merasa bosan terhadap satu hal dan mempunyai keinginan yang cukup rumit. Untuk mengatasi perubahan-perubahan yang terjadi saat ini, Digital Marketing hadir untuk membantu para pemilik usaha atau wirausahawan untuk memenangi persaingan di era digital ini. Digital marketing atau pemasaran digital adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi dan relevan.

(Sumber : freepik.com)

Pada Januari 2019, sebanyak 150 juta penduduk di Indonesia sudah menggunakan Internet dan sekitar 80 persen penduduk mengakses sosial media menggunakan smartphone. Ini merupakan peluang bagi pemilik usaha untuk lebih mengembangkan usahanya, karena strategi-strategi konvensional sudah tidak efektif lagi.  Oleh karena itu, beberapa pemilik usaha sekarang ini menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi pemasarannya mengingat banyaknya konsumen yang aktif menggunakan sosial media.

Penerapan digital marketing juga memberikan beberapa manfaat positif saat menjalankan usaha kita. Alasan pertama pentingnya menerapkan digital marketing adalah digital marketing dapat memberikan arah dan tujuan yang jelas dan pasti bagi orang-orang yang terhubung di dalamnya. Kebanyakan perusahaan yang berjalan tanpa digital marketing, tidak memiliki tujuan strategis yang jelas. Mereka tidak memiliki bayangan yang tepat tentang tujuan yang ingin diraih oleh perusahaan melalui pemasaran secara online, terutama dalam kasus untuk mendapatkan konsumen baru, meningkatkan penjualan dan mematenkan hubungan antara produsen dengan konsumen secara lebih dalam di platform online.

Manfaat lainnya adalah digital marketing membantu kita dalam mengenal target pelanggan dan memberikan informasi secara rinci tentang pelanggan. Kita bisa menelusuri apa yang sedang trending dan paling dibutuhkan oleh konsumen dengan bantuan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) karena, konsumen online saat ini lebih pintar dalam memilih mana produk yang sesuai dengan mereka, dan mana yang tidak, selain itu konsumen online juga mulai pintar memilih aplikasi yang akan mereka pakai. Bukan tanpa sebab, banyaknya kasus penyalahgunaan data yang menjadikan konsumen online sebagai korban sudah begitu meresahkan. Sehingga, kepercayaan konsumen online mulai berkurang.

Selain itu digital marketing dapat menghemat anggaran pengeluaran perusahaan dan dapat membantu bisnis kita semakin terkenal dalam lingkup yang luas. Dengan menerapkan digital marketing kita dapat menghemat pengeluaran karena, kita tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk print brosur, iklan-iklan cetak, membuat banner, dan lain sebagainya. Digital marketing juga dapat mempercepat jangkauan pelanggan secara lebih cepat, tepat dan luas. Jika kita melihat geografis Indonesia dari Sabang sampai Merauke, mungkin kita berpikir bahwa mempromosikan produk atau layanan jasa kita ke seluruh Indonesia adalah hal yang tidak mungkin dilakukan. Namun, penerapan digital marketing akan mempermudah hal tersebut. Karena, penerapan strategi digital marketing yang efektif dan tepat akan membantu bisnis kita semakin berkembang dan terkenal, meskipun lingkupnya sangat luas. 

Untuk mewujudkan bisnis yang terus tumbuh dan berkembang kita memerlukan rencana strategi supaya produk-produk kita lebih dikenal dan dapat bersaing dengan produk lain. Ketika melakukan pemasaran produk, kita membutuhkan strategi terbaik supaya kita bisa mengenai sasaran dengan tepat. Salah satu model perencanaan digital marketing atau pemasaran digital adalah SOSTAC (Situation analysis, Objectives, Strategy, Tactics, Action, Control). SOSTAC merupakan model perencanaan pemasaran agar lebih efektif dalam penerapan pemasaran digital perusahaan untuk pemasaran produk.

Proses pertama yang harus kita lakukan adalah situation analysis atau menganalisa situasi proses pemasaran yang sedang berjalan. Pada proses awal ini, perusahaan mulai mengumpulkan informasi dan data-data tentang kondisi internal dan eksternal perusahaan sehingga kita bisa mengetahui kondisi perusahaan kita dengan kondisi pasar (market place). Dalam tahapan ini kita mendapat gambaran mengenai organisasi kita, untuk mendapat hasil yang maksimal dalam proses pertama ini terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain : Mencari tahu siapa konsumen digital kita, mencari tahu bagaimana mereka berinteraksi dengan merk dan platform yang digunakan, kemudian melakukan Analisa SWOT, Analisa kompetitor dan Lanskap kanal digital.

Langkah selanjutnya adalah menyusun objectives atau tujuan. Pada tahap ini berfokus pada tujuan realistis yang ingin dicapai melalui strategi yang direncanakan. Penetapan strategi menggunakan metode 5S (Sell, Serve, Speak, Save and Sizzle). Kemudian merumuskan variabel tersebut dengan cara SMART (Specific, Measurable, Actionable, Relevant dan Time-related). Cara ini akan mempermudah dalam tahap evaluasi karena terdapat batasan dalam tujuannya.

Langkah ketiga adalah Menyusun strategi (strategy). Strategi adalah cara perusahaan mencapai suatu tujuan yang sudah direncanakan dan sudah disepakati bersama. Pada tahap ini kita bisa menggunakan metode STOP (Segment, Target Market, Online Value Proposition (OVP) and Positioning) dan melakukan pembentukan strategi dengan SIT (Sequence or stage, Integration and Tools).

Langkah keempat adalah Menyusun taktik (tactics). Tahap ini merupakan tahap penjabaran Langkah-langkah yang akan dilakukan untuk pelaksanaan strategi yang sudah dirancang untuk mencapai tujuan digital marketing yang sudah dibuat sebelumnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan pada tahap ini adalah 7P Marketing Mix (Product, Price, Place, Promotion, People, Process and Partnerships).

Langkah kelima adalah melaksanakan aksi (action). Pada tahap ini kita mulai menjalankan taktik yang telah direncanakan sebelumnya dalam aksi nyata di lapangan (market place). Pada saat pelaksanaannya kita dapat membuat rangkaian proses kerja yang terjadwal seperti flow chart, gantt chart, table activity based time dan mempersiapkan manajemen resiko yang mungkin terjadi di lapangan dan menentukan siapa, kapan dan bagaimana pertanggung jawaban pada setiap business process, perencanaan budget, penentuan sumber daya secara detail, sehingga dapat meminimalisir hal-hal tak terduga yang dapat menghambat kita mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan.

Langkah terakhir adalah melakukan kontrol (control). Pada tahap ini, merupakan tahap pemeriksaan, pengamatan atau tahap evaluasi yang dilakukan secara berkala. Pada tahap ini kita akan mengetahui apakah aksi yang sedang berlangsung sesuai dengan tujuan awal perusahaan dan kita juga akan mengetahui apakah aksi tersebut berhasil atau belum maksimal dilakukan.


DAFTAR PUSTAKA

 

El samara. 2020. SOSTAC Sebagai Strategi Digital Marketing di https://elsamara.id/sostac-sebagai-strategi-digital-marketing/ Diakses pada 04 April 2020 pukul 20:55.

Para Kontributor Wikipedia. “Pemasaran Digital”. Wikipedia. Ensiklopedia Bebashttps://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran_digital Diakses pada 04 April 2021 pukul 20:10.

Purwana, Dedi “Digital Marketing – Part#1” Youtube, diunggah oleh Dedi Purwana Channel, 29 Maret 2021, https://www.youtube.com/watch?v=n9yB-KGt_2k Diakses pada 04 April 2021 pukul 17:20.

Studiilmu Editor. 10 Alasan Mengapa Digital Marketing Sangat Penting di https://www.studilmu.com/blogs/details/10-alasan-mengapa-digital-marketing-sangat-penting Diakses pada 04 April 2021 pukul 20:48.

 


Minggu, 21 Maret 2021

Melebarkan Sayap Kewirausahaan Digital

Hai, Sobat Dunia Kampus !! 

Istilah entrepreneur pertama kali diperkenalkan oleh seorang ekonom prancis pada abad ke 18, yaitu Richard Cantillon (1680an – Mei 1734) dan Jean-Baptiste Say (5 Januari 1767 – 15 November 1832). Menurut Richard Cantillon, entrepreneur adalah “agent who buys means of production at certain prices in order to combine them"  (Agen yang membeli alat produksi dengan harga tertentu untuk mengkombinasikannya). Dan tak lama setelah itu Jean-Baptiste Say menambahkan pendapatnya bahwa entrepreneur merupakan seorang pemimpin yang menggait orang lain bersama-sama untuk membangun sebuah organisasi produktif.

Sementara itu secara etimologis, makna wirausaha atau wiraswasta berasal dari bahasa Sansekerta yang terdiri dari tiga suku kata yaitu “wira“, “swa“, dan “sta“. Wira berarti manusia unggul, teladan, tangguh, berbudi luhur, berjiwa besar, berani, pahlawan, pionir, pendekar atau pejuang kemajuan, memiliki keagungan watak. Swa berarti sendiri, dan Sta berarti berdiri. Jadi wiraswasta berarti, orang yang mengelola, berani menanggung segala risiko dalam menciptakan peluang usaha dan usaha yang baru.

Memasuki era digital segala sesuatu yang dulu kita anggap tidak mungkin bisa dilakukan seperti menciptakan robot untuk membantu perkerjaan manusia atau mencari informasi dalam hitungan detik hanya dengan menggunakan jari, sekarang bisa menjadi kenyataan karena perkembangan pesat teknologi. Pada era digital ini seluruh bidang industri mengalami dampak positifnya mulai dari teknologi komunikasi, layanan transportasi, bidang Kesehatan dan bidang ekonomi.

Masa depan ekonomi digital bisa menjadi salah satu sektor yang akan banyak memberikan kontribusi positif dalam perekonomian Indonesia. Hal itu dapat dilihat dari menguatnya peran teknologi informasi dalam dunia bisnis. Media sosial saat ini menjadi salah satu media yang paling berpengaruh dalam ekonomi digital karena dapat membuka peluang usaha baru bagi masyarakat. Hal itu bisa dijadikan awal mula munculnya istilah kewirausahaan digital. Jika ditelaah, kewirausahaan digital berasal dari kata teknopreneur yang bermakna ‘wirausaha digital’ yang merupakan gabungan kata antara ‘teknologi’ dan ‘entrepreneur’. Jadi wirausaha digital adalah kegiatan berwirausaha yang dalam proses pelaksanaannya memanfaatkan teknologi mulai dari proses produksi hingga proses pemasaran produk.

        Pada era digital ini, para milenial diharapkan bisa cepat untuk beradaptasi, karena generasi milenial merupakan penduduk yang produktif dan keberadaan kaum milenial sangat dekat dengan era digital, mereka harus bisa menjadi anak bangsa yang tangguh dan bisa memanfaatkan dengan baik setiap peluang bisnis yang ada. Sebab, pertumbuhan ekonomi saat ini membutuhkan peran generasi milenial. Oleh karena itu, para muda-mudi harus memiliki rasa peduli dan rasa bertanggung jawab terhadap bangsa, pantang menyerah dan harus memiliki keinginan kuat untuk terus percaya diri mencoba hal baru.

Kemajuan suatu negara sangat dipengaruhi oleh para wiraswasta, untuk itu diharapkan semua generasi milenial dapat mengambil bagian untuk berkontribusi. Melek teknologi sudah menjadi keharusan untuk mengikuti perkembangan agar tidak tertinggal dan kehilangan kesempatan. Di alam semesta ini akan terus terjadi revolusi, bidang-bidang yang paling banyak berubah atau berkembang adalah bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Jadi sepintar atau sekreatif apapun seseorang, mereka harus bisa mengikuti perkembangan teknologi, karena sudah banyak bidang industri yang beralih dari sistem konvesional  menjadi sistem digital.

Saat ini pandemi covid-19 sudah berlangsung selama kurang lebih setahun memberikan dampak yang cukup besar bagi semua masyarakat, terutama pada bidang perekonomian. Sudah banyak perusahaan-perusahaan kecil yang tutup semenjak pemerintah mengumumkan  kebijakan untuk tetap berada dirumah, saat ini banyak orang yang sedikit berinteraksi secara fisik dan lebih sering menggunakan jalur online. Generasi milenial kini sudah sangat kecanduan dengan layanan telepon pintar, pada masa sulit seperti sekarang mestinya kita dapat memanfaatkan peluang yang ada misalnya berjualan online. Disinilah akhirnya banyak orang sadar pentingnya wirausaha digital dan mulai berusaha bersaing demi kelangsungan hidup masing-masing. Teknologi hadir sebagai sebuah solusi, disaat yang bersamaan, ekonomi publik menggeliat dengan menggunakan transaksi-transaksi ekonomi berbentuk digital.

Terdapat beberapa peluang yang dimiliki Indonesia dalam kewirausahaan digital.

1.    Harga internet di Indonesia tergolong murah dibandingkan 20 negara lainnya menurut survei, tetapi kualitas jaringan internet yang dimiliki Indonesia masih kurang bagus, Indonesia merupakan negara yang sangat besar dan memiliki banyak pulau jika dibandingkan dengan Singapura yang hanya negara kecil, oleh karena itu pemerintah membangun Palapa ring untuk mengatasi masalah ini. Palapa ring adalah kabel fiber optik yang menghubungkan hampir 35.000 km diseluruh Indonesia.

2.    Indonesia termasuk negara tertinggi yang masyarakatnya banyak menggunakan media sosial. Pada tahun 2016, pendapatan e-commerce di Indonesia berjumlah USD 6 milliar. Berdasarkan hasil survei sebesar 78% pengguna internet di Indonesia saat ini sering melakukan pembelian secara online.

3.    Populasi penggunaan internet di Indonesia terus meningkat berdasarkan hasil survei mulai dari tahun 2013-2020.

Selain membutuhkan peluang dalam pelaksanaan kewirausahaan digital terdapat juga tantangan yang harus dihadapi dalam kewirauhasaan digital ini, beberapa contohnya:

1.   Transformasi digital, Setiap hari transformasi digital semakin maju dan terus berkembang memiliki banyak sekali manfaat untuk perkembangan dunia bisnis saat ini. Teknologi dapat menghemat waktu, tenaga, serta biaya dengan hasil yang cukup maksimal. Namun, transformasi ini bisa menjadi sebuah tantangan dalam berbisnis jika kita tidak dapat mengikuti perkembangannya. Oleh karena itu, setiap pebisnis diharuskan untuk terus belajar dalam menjalankan bisnisnya.

2.  Konsumen, banyak masyarakat sekarang yang menginginkan sesuatu secara cepat dan praktis, tantangan dari masyarakat saat ini adalah karena mereka senantiasa berubah, baik dari segi selera, keinginan dan kebutuhan. Teknologi bisa dijadikan sebagai solusi karena, bisnis yang dipadukan dengan teknologi dapat melaju lebih pesat karena mengikuti perkembangan pasar. Selain itu dibutuhkan pemikiran pemilik bisnis yang out of the box agar dapat menghasilkan sesuatu yang unik dan tidak biasa.

3.  Sumber daya manusia, Jika bisnis yang kita jalankan ingin berjalan profesional dan berkembang membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan yang mencukupi. Selain itu, pemilik bisnis juga sebaiknya memberikan pelatihan tambahan serta melakukan upgrade keilmuan dan skill para karyawan secara berkala untuk menyesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

4.   Persaingan yang semakin ketat. Teknologi canggih mampu mengintegrasi saluran bisnis sehingga dapat dilakukan tanpa batasan ruang dan waktu. Efeknya, sebuah bisnis bisa menjalin kerja sama dengan bisnis lain di belahan dunia mana saja. Dan tentu saja, sebuah bisnis juga mendapatkan kompetitor dari berbagai bisnis lain di belahan dunia mana saja pula. Jika tidak dibarengi dengan inovasi yang terus menerus, maka bisnis akan tertinggal dari kompetitor.

Untuk mengatasi setiap tantangan dan memanfaat peluang yang ada dalam kewirausahaan digital kita membutuhkan kompetensi bila kita berniat menjadi seorang wirausahawan digital.

1.    Kemampuan berkomunikasi.

2.    Memiliki kecerdasan finansial

3.    Memiliki merk atau branding diri sendiri

4.    Kemampuan marketing digital

5.    Memiliki Networking/jaringan yang luas

6.    Kemampuan menggunakan perangkat digital

7.    Kemampuan mendesain

8.    Kemampuan menganalisis berdasarkan data

9.    Memiliki dasar pemrograman

10. Kemampuan belajar secara mandiri dengan online learning  


Sumber : 


Menjumpai Masa Depanmu Melalui Tontonan

Hai,  Sobat Dunia Kampus  !! Sobat TESORI sudahkah kamu mengetahui profesi yang kamu inginkan di masa depan nanti? Eunoiapedia kali ini akan...